KMHDI Palopo Mengajar: Langkah Kecil Merivitalisasi Mental Generasi Muda Hindu

Menjalankan peran tri dharma Perguruan Tinggi merupakan tugas dari mahasiswa sebagai bagian dari Perguruan Tinggi, salah satunya pengabdian diri pada masyarakat. Hal inilah yang melatar belakangi digelarnya kegiatan KMHDI Mengajar oleh PC KMHDI Palopo.

KMHDI Mengajar ini sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya yang dilaksanakan PC KMHDI Palopo. Kali ini digelar di Pasraman Wisma Dharma, Kecamatan Bone-Bone, Kabupaten Luwu Utara. Sulawesi Selatan, pada hari Sabtu – Minggu (16-17 Juni 2018).

Kegiatan yang mengangkat tema “Langkah Kecil Merivitalisasi Mental Generasi Muda Hindu untuk Indonesia” ini, nampak dihadiri oleh beberapa pejabat KMHDI dan Tokoh Umat di Luwu Utara, diantaranya Presidium Pusat KMHDI Putu Wiratnaya, Perwakilan Bimas Hindu Prov. Sulawesi Selatan Wayan Santika, Ketua FA KMHDI Palopo Made Bawayasa, Ketua PHDI Kab. Luwu Utara, Ketua PHDI Kec. Bone-Bone, Ketua PHDI Desa Tamuku, Ketua Pasraman Wiswa Dharma, Ketua Adat Dusun Kembang-Makmur, serta peserta KMHDI mengajar dari 2 Pasraman yaitu Pasraman Wiswa Dharma Kembang-Makmur dan Pasraman Shantih Dharma Sido-Makmur. Peserta yang hadir sebanyak 80 siswa(i) Pesraman dan didampingi sebanyak 40 Kader PC KMHDI Palopo.

Ketua PC KMHDI Palopo Komang Sumerta Wijaya mengatakan bahwa kegiatan yang berjalan selama 2 hari ini dilaksanakan dengan konsep yang dirancang agar peserta tidak bosan.

Hari pertama dilaksanakan pembukaan formal yang dilanjutkan dengan pemberian wawasan kepada peserta sesuai dengan jenjang mereka seperti siswa SMP dan SMA yang diajarkan bagaimana menyikapi dan memanfaatkan Media di era global, peran pelajar dalam dunia ekonomi dan politik, bagaimana ber-retorika yang baik di masyarakat serta semua siswa siswi diajarkan bagaimana membuat beberapa sarana upakara yang biasa digunakan serta seluruh makna dari masing-masing upakara tersebut” jelas Komang dalam sela-sela kegiatan.

Kegiatan  dihari kedua, siswa siswi sepenuhnya bermain dan bersenang-senang bersama kader PC KMHDI Palopo dengan memainkan beberapa games seperti, Lari Balon, Lari Kalem (Lari Karung pake Helm), karet estafet, Nampan games, dan Ateng Games” tambahnya.

Sedangkan Ketua Pasraman mengapresiasi kegiatan ini karena dapat membangkitkan semangat adik-adik  pesraman di Bone – Bone. *rls

Related Post