Membedah Pemikiran MAHATMA GANDHI

Deni prajaya (itre)
(Sibodoh hanya mampu melahirkan tulisan yang absurd)

Tulisan ini bukan tentang perjuangan seorang mahatma Gandhi melaikan saya ingin mengupas pemikiran Gandhi hinga mampu melahirkan sebuah aksi yang sangat menabjubkan.
Pada abad ke 20 lahir seorang tokoh dari timur yang mampu mengispirasi dunia, seorang tokoh yang menentang iprialisme colonial pada masa itu, tokoh tersebut adalah mahatma Gandhi,salah satu tokoh paling penting pada abad ke 20 (versi majalah times), beliau 5x masuk nominasi peraih nobel perdamain dan ulang tahunnya yaitu ( 2 oktober) di peringati sebagai hari anti kekerasan oleh PBB. Sosok yang dikagumi oleh banyak orang diantaranya, nelson mandela ( bapak bangsa afrika selatan), martin luther king jr ( pejuang hak sipil amerika) di indonesia ada ir soekarno ( bapak proklamator) dan gus dur(presiden ke 4 indoseia).

        (Mahatma Gandhi)

1. Bografi mahatma Gandhi
Nama lengakap beliau adalah Mohandas karamchand Gandhi, dan nama mahatma adalah gelar belaiu yang artinya orang berjiwa besar, lahir 2 oktober 1869, di porbandar, india. Anak kemepat, ayahnya bernama karamchand dan ibunya bernama bulitbai, menikah dengan Kasturba di usia 13 tahun karna pada waktu itu kakknya menikah sehingga untuk menghemat biaya beliau dinikahkan. Pada tahun 1888 gandhi melanjutkan pendidikannya ke inggris untuk belajar ilmu hukum, di inggris Gandhi agak kesulitan menyesuaikan diri ini karna budaya india yang konservatif bertemu dengan budaya inggris yang liberal. Gandhi orangnya sangat pemalu, suatu kesempatan ketika ia selesai menyelasiakan study inggris di panggil ke india untuk menjadi pengacara namun ketika hakim memberikan kesempatan pada Gandhi untuk berbicara tanganya gemetar hingga akhrinya ia memberikan kesempatan itu pada temannya. Mahatma Gandhi terkenal bukan karna pemikirannya yang besar namun ativisme nya beliaulah yang terkenal
2. Awal perjuangan mahatma Gandhi
Afrika selatan (1893-1914) pada saat itu Gandhi masih berumur 24 tahun belaiu ke afrika karna mendapat tawaran menjadi pengacara saudagar islam yang kaya pada waktu itu, yang menjadi pemicu perubahan besar dalam hindup Gandhi adalah karna serangkain tindakan diskriminatif yang ia alamai di afrika, ada suatu ketika ia diusir dari kereta karna berkulit hitam pada waktu itu ( tonton film mahatma Gandhi) perjuangan gandi dimulai ketika ia membentuk konggres bagi warga keturunan india di sebuah kota bernama natal, namun ini belum berhasil, hasilnya malah benjol dan memar, gandi mulai mengasah kemampiauan berbicaranya.
Kekerasan demi kekerasan yang dialamai Gandhi, tidak lantas menylut emosinya untuk melakukan pemberontakan dengan jalan kekerasan, bahakan gandi menyuarakan perlawanana dan pembebasan warga kulit berwarna dari bentuk diskriminasi dari iprealisme kolinial inggris dengan cara anti kekerasan. perang boer kedua meletus yang meruakan konflik militer antar kerajaan inggris dengan republic afika selatan, pada masa konflik tersebut, Gandhi memmipin gerakan relawan untuk membbentuk kesatuan medis dan supir ambulans yang beranggotankan warga turunan india,tak tanggung-tanggung Gandhi berhasil mengumpulkan 1.100 orang relawan, kontribusi Gandhi akhirnya berhasil mencuri hati pemmerintah inggris terhadap warga keturunan india. Keberhasilan Gandhi dalam mengangkat derajat keturunan india di afrika selatan inilah yang membuat dirinya semakin yakin bahwa dengan prinsip yang sama, dirinya akan mampu membangun jmebatan kemanusian antar manusia yang berbeda budaya, agama dan warna kulit keyakinan itu Gandhi bawa sampai ia kembali ke india dengan membawa misi pembebasan.
3. Perjuangan kemerdekaan india
Ingris telah menduduki india sejak tahun 1877,inggris masuk ke india dengan tujuan perdagangan oleh sebuah perusahaan yang bernama EIC (English east india) dan telah memeperoleh haka monopoli perdagangan di kawasan timur, diskirminasi dan represi terjadi terhadap orang-orang lokal di seluruh kawasan india, warga turunan india diharuskan membayar sewa tanah atas tanah airnya sendiri dan membayar pajak atas komoditas bahan pokok hasil bumi tanah india yang telah menjadi hak monopoli dagang inggris. Situasi inilah yang membuat Gandhi pulang dan membawa misi perubahan bagi rakyat india, Gandhi memulai perjangan dengan mendirikan asrama, dan mulai menjarkan konsep anti kekerasan sampai akhirnya lebih dari 250 orang bergabung. Prisip perjuangan Gandhi dalam pemebebasan india yaitu :
1) Prinsip perlawanan tampa menggunakan kekerasan
2) Bersikap non-kooperatif, menolaj kerja sama dan mengabaikan seluruh himbauan serta intruksi apapun dari pemerintah inggris
3) Pemboikotan produk-produk monopoli perdagangan inggris serta pemogokan kerja secara serentak.
4) Membangun kemandirianekonomi bagi setiap kelompok masyarakat secara serentak tampa bergantung pada produk perusahaan inggris

Banyak aksi yang dilakukan Gandhi dan pemikutnya mendapatkan serangan yang brutal dari tentara inggris pada waktu itu sampai puncaknya pada 13 april 1919 tentara inggis melakukan pembataian terhadap 1.500 penduduk sipil yang sedang melakukan aksi damai di sebuah lapangan kota amristar. Insiden ini membuat seluruh dunia terkejut dan mengecam keras aksi kebrutalan pemerintah inggris yang dikenal sebagai “ bangsa paling beradab “ pada saat itu. Aksi tampa kekerasan terus dilakukan oleh Gandhi, setelah perang dunia ke 2 berakhir dan pada 15 agustus 1947 india ,merdeka.

4. Pemikiran Gandhi
Gandhi adalah seorang tokoh yang beragama hindu dalam perjuangannya banyak di pengaruhi oleh ajaran-ajaran hindu
1) Satya graha
Satya graha berarti suatu pencarian kebenaran dengan tidak menenal lelah, berpegang teguh pada kebenaran, satyagraha juga merupakan jalan hidup sesorang yang berpegang teguh terhadap tuhan yang maha esa dan mengadikan diri pada tuhan yang maha esa.
Prisip satyagraha juga berarti kepercayaan bahwa jiwa dapat diselamatkan dari kejahatan dunia, dan dapat memberikan pertolongan, sejauh jiwa itu senantiasa berada dalam pencariannya terhadap tuhan mealui kebenaran dan hanya kebenaran. Dengan berpegang teguh pada kebenaran maka berarti berpegang teguh pada tuhan.Hari ini banyak orang yang cenderung manipulative dan menolak kebenaran apabila menganggap kebenaran itu tidak menguntungkan bagi dirinya, padahal dengan berpegang teguh pada kebenaran kita berpegangan pada tuhan.. dan buruknya lagi banyak orang yang salah tetapi masih meacari dalil atas kesalahannya, kita liat para koruptor sudah jelas salah tetapi nota pembelaannya bahkan mengalahkan jumlah halaman Das kapital karl max jilid 3, sudah nyata salah masih saja mengatakan bahwa ini adalah jebakan ini adalah fitnah, dan hal ini yang jarang di pegang teguh oleh masyratakat.
2) Ahimsa
Ahimsa berarti berarti ‘tidak menyakiti’ menolak keinginan untuk membunuh dan tidak membahayakan jiwa, tidak meyakiti hati, tidak membenci, tidak mencari keuntungan diri sendiri dengan memperalat serta mengorbankan orang lain. Gandhi mengatakan keinginan membunuh saja tidak dibenarkan, hanya sekedar keinginan saja sudah tidak boleh, karna dampak desdruktifnya hampir sama, misalnya kita membayangkan memperkosa seseorang maka sudah ada gambaran di kepala kita bagaiam kita mulai dari mebuka bajunya sampai lain halnya, maka dampat desdruktif bagi kita sama.
Gandhi memandang Ahimsa dan satya (kebenaran) seperti dua sisi mata uang, namun ahimsa merupakan sarana mencapai kebenaran, sedangkan kebenaran sebagai tujuannya. Menurut Gandhi Tidak mungkin orang bisa hidup dan memperjuangkan kebenaran kalau dia sendiri suka kekerasan
3) Ahimsa dari upnisad.
Veda upanisad yang memuat ajaraan konsep ketuhan, dan maha rsi penulis upanisad meyakini bahwa konflik dan kekerasan didunia ini terjadi dikarenakan manusia tidak dapat mengekang sad ripu ( 6 musuh yang ada dalam diri manusia) yaitu : kama= nafsu atau keinginan, lobha = tamak atau rakus, krodha= kemarahan, moha=kebingungan, madha = kemabukan, matsarya= dengki atau iri hati. Keterikatan terhadap godaan-godaan inilah yang membutakan manusia dan memilih untuk berkomflik, itulah mengapa pengekangan pikiran didalam meditasi penting untuk melatih bagaimana manusia dapat menguasai dirinya. Melatih displin ahimsa diyakini oleh para filosof india sebagai upaya untuk menekan sifat butha kala ( raksasa) yang tertanam didalam diri kita semua
Dua titik esktrim antara ketundukan dan konfrotasi dengan kekuasaan atau perlawanan dengan kekerasan terhadap kekuasaan yang tiran, menurtu Gandhi kedua hal tersebut dapat mengarah pada dehumanisasi atau menghilangkan sisi kemanusiaan seseorang. Ketundukan dan konfrotasi terhadap kekuasaan yang tirani akan membelenggu potensi kreatif dan fitrah manusia untuk merdeka, perlawanan dengan kekerasan terhadap kekuasaan akan menimbulan kerugian yang mengerikab terhadap semua fisik dan memunculkan balas dendam dan kembencian yang tidak berkesudahaan.

“pertama mereka mengabaikan anda,kemudian mereka tetawa pada anda, beriikutnya mereka melawan anda. Dan anda menang”

“hiduplah seolah engkau mati esok. Dan belajarlah seolah engkau hidup selamanya”
“ bumi ini cukup untuk tujuh generasi namu tak akan cukup untuk tujuh orang serakah”