MPAB 2013 DENGAN PESERTA TERBANYAK DI PD KMHDI SUL-SEL

Pembukaan:

 

Jumat, 8 November 2013 di Pura Giri Natha Makassar Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia Sulawesi Selatan melaksanakan Pembukaan kegiatan MPAB atau Masa pengenalan Anggota Baru 2013. Acara yang dilaksanakan di Gedung Vyata Satya Kharma ini sangat meriah dengan dihadiri oleh Pembimas Hindu Kanwil Sulawesi Selatan, Perwakilan Ketua Pengurus Harian PHDI Sulawesi Selatan, Ketua DPK Peradah Kota Makassar, Perwakilan PC KMHDI Palopo dan Alumni beserta anggota KMHDI Sulawesi Selatan.

 

Dalam laporannya Ketua Panitia pelaksana Agus Pradana menyatakan bahwa mahasiswa yang merupakan calon anggota baru KMHDI berjumlah 60 orang saat acara pembukaan yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi di Kota Makassar dan sekitarnya.

 

Ditambahkan oleh Ketua PD KMHDI Sulawesi Selatan Putu Wiratnaya bahwa 60 peserta yang hadir diharapkan mampu mempunyai rasa saling mengasihi dan memiliki antar satu sama lainnya seperti yang tertera pada tema MPAB kali ini “Menebarkan Cinta Kasih Melalui Semangat Berorganisasi”.

 

Sedangkan Perwakilan Pengurus Harian PHDI Sulawesi Selatan Bapak Nyoman Dharmayasa berharap KMHDI khususnya PD Sulawesi Selatan mampu dijadikan wadah pendidikan karakter serta kemampuan sosial dari mahasiswa mahasiswi Hindu.

 

Dalam sambutan sekaligus membuka acara MPAB 2013 Pembimas Hindu Sulawesi Selatan Bapak Simon Kendek berharap KMHDI mampu menjadi organisasi mahasiswa yang bersifat universal dan mampu mempersatukan mahasiswa Hindu di Sulawesi Selatan. Agar kiranya juga KMHDI mampu menjadi tempat mahasiswa Hindu dari berbagai suku, sebab di Sulawesi Selatan ada lebih dari 60% umat Hindu lokal jadi bukan hanya Hindu suku Bali, tambah beliau.

 

Dalam acara pembukaan juga disuguhkan dengan Persembahan dari Kader atau Anggota PD KMHDI Sul-Sel yaitu Tari Puspanjali  yang merupakan tarian Bali dan Tari Pagellu’ yang merupakan tarian khas Tana Toraja.

 

Berlangsungnya Kegiatan:

 

Kegiatan puncak yang berlangsung di Pucak Teaching Farm Kabupaten Maros 9-10 November 2013 sangat mengesankan. Sebelum pemberangkatan panitia pelaksana sempat dibuat kebingungan sebab jumlah peserta yang hadir melebihi jumlah dari peserta yang mengikuti pembukaan yaitu sebanyak 103 orang. Sehingga Putu Nopa Gunawan selaku Koordinator SC mengatakan ini merupakan bukti tingginya antusias calon Anggota baru untuk bergabung di KMHDI Sulawesi Selatan.

 

Melihat jumlah peserta yang sangat banyak akhirnya panitia harus mencari satu mobil lagi dari 2 mobil yang telah disiapkan dari Polda Sulawesi Selatan untuk memberangkatkan peserta ke Lokasi.

 

Dilokasi MPAB peserta di berikan beberapa materi sebagai pengenalan tentang KMHDI yang dibawakan oleh Trainer-trainer PD KMHDI Sulawesi Selatan. Selain materi dilaksanakan juga kegiatan yang bertujuan melatih mental dan emosional Peserta serta beberapa game yang bertujuan meningkatkan keakraban, saling membantu dan persatuan dari peserta MPAB sebagai calon anggota KMHDI.

 

Di penghujung acara dilakukan tahapan pengukuhan Anggota baru KMHDI yang telah mengisi surat pernyatan bersedia menjadi anggota KMHDI, dari 103 orang peserta sebanyak 102 orang menyatakan bersedia menjadi anggota PD KMHDI Sulawesi Selatan angkatan 2013.

 

Jadi berdasarkan data tersebut MPAB 2013 PD KMHDI Sulawesi Selatan berhasil menjadi MPAB dengan Jumlah peserta terbanyak di PD KMHDI Sulawesi Selatan yaitu 102 orang.