Siapkah Kita Menyambut Revolusi Industri 4.0?

Selasa, 19 Februari 2019 lalu Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia Sulawesi Selatan melaksanakan diskusi publik tepat setelah persembahyangan Hari Purnama,di Pura Giri Natha Makassar.

Diskusi Publik ini mengangkat Tema “Siapkah Kita Menyambut Revolusi Industri 4.0” yang dibawakan langsung oleh Ketua Departemen Kaderisasi Pimpinan Pusat “I Gede Hendra Juliana,S.Pd” bersama-sama dengan Ketua Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia Sulawesi Selatan “Wayan Budiarsana,S.M” yg dihadiri oleh Kader PD KMHDI Sul-sel.

Akankah Revolusi Industri 4.0 ini Menjadi Peluang atau justru menjadi ancaman bagi Bangsa Kita? Ketika bangsa indonesia masih bergelut dengan masalah pengangguran, kualitas sumber daya manusia yang masih rendah dalam memanfaatkan Teknologi dan di tambah lagi dengan budaya masyarakat yang cenderung konsumtif, tentu kondisi ini bisa saja berdampak buruk bagi masyarakat indonesia dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

                  peserta diskusi publik.

Di sisi lain Bonus Demografi seolah akan memberi keuntungan bagi bangsa indonesia. Namun, jika Corak kehidupan bangsa masih seperti saat ini maka bonus demografi itu justru akan menjadi ancaman. Bagaimana nasib masyarakat usia produktif Ketika berbagai Aspek-aspek kehidupan digantikan oleh mesin-mesin yang cenderung mengurangi peran manusia dan bahkan memungkinkan peran manusia akan digantikan oleh kecerdasan Robot di era revolusi industri 4.0.

Tantangan yang muncul akibat Revolusi Industri 4.0 ini tidak hanya berdampak pada aspek perekonomian, namun juga berdampak pada aspek sosial budaya yang di tandai dengan pergeseran nilai-nilai dan perilaku masyarakat.

Pada aspek ekologi juga mengalami banyak tantangan seperti kerusakan ekosistem hingga ketidakstabilan iklim yang terjadi akibat campur tangan manusia dari proses industrialisasi itu sendiri.

Meski pemerintah selalu optimis dalam menyambut revolusi industri 4.0, nyatanya masih banyak permasalahan yang menjadi Pekerjaan Rumah bagi pemerintah agar revolusi industri 4.0 ini bisa memberi keuntungan bagi bangsa indonesia.

-Novi Lestari-

Related Post