Tingkatkan Budaya Literasi, PC KMHDI Makassar Gelar Bedah Film “The Young Karl Marx”

Makassar- Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PC KMHDI) Makassar menggelar bedah film yang berjudul “The Young Karl Marx” sebagai upaya meningkatkan budaya literasi kader, Senin (23/9/2019)

 

Kegiatan yang dilaksanakan di Pura Giri Natha kota makassar ini, berlangsung dari pukul 20.00 WITA

hingga 24.00 WITA dan diikuti sebanyak 20 kader PC KMHDI Makassar.

 

Bedah film ini dilaksanakan untuk meningkatkan budaya literasi kader dan menambah wawasan mengenai tokoh-tokoh yang berpengaruh seperti filsuf Karl Marx dan Fredrick Engels yang menjadi tokoh utama dalam film tersebut.

 

“ Budaya Literasi bukan hanya membaca dan menulis saja, pada era ini berbagai sumber pengetahuan dapat disebut sebagai “literasi informasi” yang bisa didapat melalui media cetak, digital, audio, visual, dan audio visual. Nah melalui kegiatan bedah film ini saya berharap dapat meningkatkan budaya literasi kader dengan media audio visual. Saya juga berharap kader dapat meningkatkan keterampilan dalam menggunakan nalar atau analisa dengan menggunakan sumber pengetahuan yang kekinian, seperti film”. Ujar Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan PC KMHDI Makassar, Mery Andini.

 

Setelah menonton film bersama kegiatan dilanjutkan dengan berdiskusi dengan seluruh peserta dan membahas tentang isi film dan penerapannya dalam berorganisasi terutama di organisasi KMHDI.

 

“Kondisi sosial dan keadaan pada masa itu membuat seorang Kalr Marx dan Engels untuk berjuang mengubah tatanan yang ada di masyarakat, dengan merevolusi ideologi yang sebelumnya berlaku, tapi masih belum dapat merubah keadaan saat ini, pada saat itu hanya sebatas bahasanya Hanya idiologinya yang dirubah sedangkan penerapannya sampai saat ini masih tetap saja kapitalis” jelas ketua PC KMHDI Makassar, Gangga Datta.

 

Kegiatan ini diakhiri dengan ajakan untuk menonton film-film lainnya yang dapat meningkatkan semangat perjuangan mahasiswa dalam berorganisasi maupun dalam melaksanakan Dharma Agama dan Dharma Negara