Benarkah Reinkarnasi Hanoman ada di India

Honaman dalam kepercayaan agama Hindu adalah salah satu dewa. Dalam mitologi Hindu, Hanoman itu pahlawan berujud kera putih yang berjalan tegak seperti manusia.

Seperti ditulis merdeka.com yang dikutip dari surat kabar the Huffington Post, Ahad (4/8/2013), seorang bocah asal India bernama Arsyid Ali Khan dipercaya sebagai reinkarnasi Hanoman. Sebabnya, Arsyid Ali Khan mempunyai ekor sepanjang 17,7 sentimeter.

Laporan the Huffington Post mengatakan, bocah 12 tahun tersebut dipuja-puja dan mempunyai banyak pengikut. Jemaatnya percaya, Khan adalah titisan dewa monyet seperti yang dikatakan mitologi Hindu. Umat Khan menamai diri mereka Balaji.

Namun menurut dunia kedokteran, kasus tumbuhnya ekor memang bisa terjadi pada manusia. Daging bisa tumbuh berlebih atau tidak normal. Kondisi ini disebut meningocele.

Dokter menyarankan agar ekor Khan dicopot dengan operasi sebab akan berisiko buatnya dimasa depan. Namun bocah India itu tegas menolaknya.

“Aku suka ekorku. Ini karunia Tuhan. Aku merasa berbeda dan istimewa,” ujar Khan yang hingga kini tetap mempertahankan ekornya.