KEPENGURUSAN BARU, SEMANGAT BARU

Setiap hal yang baru, pasti akan menghasilkan hal yang baru pula, termasuk kepengurusan baru. Dengan terpilihnya kepengurusan pada periode 2013/2015, memberikan semangat baru dan harapan baru untuk PD KMHDI SULSEL sehingga bisa menjadi lebih baik kedepannya. Perubahan kearah  yang lebih baik merupakan harapan setiap organisasi yang memiliki visi besar tidak terkecuali KMHDI sebagai organisasi mahasiswa yang bernafaskan Hindu.

 

Setiap orang mempunyai alasan-alasan tersendiri ketika ingin bergabung di KMHDI. Alasan-alasannyapun beragam seperti bergabung karna kecintaannya akan organisasi yang dirasa memberikan hal positif untuknya seperti pengalaman, pengetahuan dan ingin betul-betul “Ngayah” untuk organisasi ini, ada pula yang hanya ingin memiliki banyak teman atau karna banyak teman-temannya di PD KMHDI SULSEL, sehingga merasa tertarik untuk bergabung.
Namun, di sisi lain, banyak pula mahasiswa-mahasiswi Hindu tidak aktif dalam organisasi yang bernafaskan Hindu ini. Ada banyak hal yang mendasari hal ini seperti tidak ada minat dan niat sedikitpun untuk berorganisasi, urusan kuliah yang tidak bisa ditawar-tawar lagi seperti tugas yang menumpuk, tempat tinggal yang jauh yang menjadi penyebab mereka enggan pergi pura untuk rapat dan segala hal yang berurusan dengan organisasi, ataupun karna tidak ada kenalan atau teman di organisasi ini sehingga ada perasaan malu dan minder untuk bergabung. Ada juga yang enggan bergabung karena adanya kelompok-kelompok dalam organisasi ini.

 

Seperti yang telah saya paparkan di atas, banyak yang bergabung karna faktor teman. Teman-temannya banyak yang telah bergabung di PD KMHDI SULSEL, sehingga timbul ketertarikan untuk ikut bergabung. Hal inilah yang biasa menyebabkan adanya kelompok-kelompok dalam organisasi ini. Mungkin ini bukanlah hal yang salah. Namun, hal ini terkesan agak menyisihkan anggota-anggota yang baru ingin bergabung, dalam hal ini tidak “welcome” untuk menerima anggota-anggota baru yang memang notabene tidak mempunyai teman di organisasi ini. It’s okay untuk orang-oranag yang memang mudah bergaul dan mudah bersosialisasi. Namun, it’s too hard untuk tipe orang pendiam, yang membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan, dengan suasana dan situasi baru, teman baru, dan lain sebagainya. Ya, inilah fakta yang terjadi selama ini.

 

Namun, bukan organisasi namanya jika tidak ada problem yang menemani perjalanannya. Semua itu adalah dinamika organisasi yang merupakan bagian dari proses yang akan mendewasakan PD KMHDI SULSEL tentunya. Diharapkan hal ini bisa pelan-pelan dirubah untuk kemajuan organisasi ini kedepannya. Menjadi tanggung jawab dari anggota-anggota yang telah aktif untuk bisa mengajak dan meyakinkan teman-temannya yang memang belum bergabung dan tidak aktif di PD KMHDI SULSEL untuk ikut bergabung dan berperan aktif di dalam organisasi ini untuk membawa mahasiswa Hindu lebih baik ke depannya dan mewujudkan kader muda yang berkualitas.

 

Seperti kita ketahui bersama, masa penerimaan mahasiswa baru adalah masa dimana penerimaan anggota baru untuk semua organisasi-organisasi kampus, dan semacamnya termasuk juga PD KMHDI SULSEL. Sehingga masa ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menarik minat dan niat mahasiswa-mahasiswi untuk bergabung di organisasi ini. Penjelasan tentang organisasi ini harus jelas dan meyakinkan sehingga mereka juga merasa yakin untuk bergabung. Pada MPAB dan DMO juga harus dilaksanakan semaksimal mungkin untuk membuat mereka lebih tertarik bergabung di KMHDI. Karena biasanya setelah mereka mengikuti MPAB dan DMO, mereka enggan kembali lagi untuk bergabung. Jadi, masalah ini harus diatasi dikepengurusan baru ini. Sehingga pada kepengurusan baru ini, diharapkan adanya perubahan. Perubahan yang bisa membawa PD KMHDI SULSEL semakin jaya dan semakin menunjukkan eksistansinya di kalangan masyarakat Hindu khususnya. Meskipun kita hanya minoritas di wilayah Sulawesi Selatan, tapi dengan semangat dan kerja keras kita secara bersama-sama, kita pasti mampu menunjukkan eksistensi kita untuk membawa Hindu lebih baik ke depannya dan mewujudkan kader muda yang berkualitas dengan semangat baru yang kita miliki, right? Satyam Eva Jayate !!!