PC KMHDI Makassar Gelar Diskusi Online Tentang EPISTEMOLOGI

Sabtu, 13 februari 2021, Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PC KMHDI) Makassar menggelar diskusi online tentang Epistemologi sebagai cabang  dari Ilmu Filsafat.

Sebagai Mahasiswa yang dikenal sebagai aktivis muda,  dituntut untuk senantiasa  bisa berpikir secara kritis tentang segala sesuatu yang ada disekelilingnya sehingga diharapkan bisa mengambil tindakan yg rasional. Itulah  yang menjadi alasan pentingnya mengenalkan  ilmu filsafat kepada para kader muda PC KMHDI Makassar. Dimana pada kesempatan hari itu, yang menjadi topik diskusi adalah terkait epistemologi, yang membahas tentang teori  asal mula/sumber, strukur dan sahnya sebuah pengetahuan.

Diskusi online yang di gelar via zoom meeting ini diikuti oleh 24 orang kader KMHDI terdiri dari pengurus Pimpinan cabang, dan teman-teman anggota baru angkatan 2020, termasuk juga Ketut Suardika salah satu kader PC KMHDI Makassar dan sekaligus sebagai pemantik diskusi pada malam hari itu.

Diawal dika (sapaan akrabnya), memaparkan sedikit teori tentang apa itu epistemologi dan menjabarkan tentang sumber serta alat pengetahuan.

“Epistemologi adalah cabang dari ilmu filsafat yang membahas tentang sumber pengetahuan itu sendiri. Perbedaan pengetahuan dan ilmu, pengetahuan adalah sesuatu yang kita ketahui sedangkan ilmu adalah pengetahuan yang sudah dikaji kebenarannya, adapun sumber pengetahuan yaitu dari alam, akal manusia , terakhir alat dari pengetahuan ialah panca indra,khayal dan wahmi’’. Jelas dika

Kemudian untuk memancing jalannya diskusi pada malam itu dika mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang membuat diskusinya berlangsung sangat alot. Kemudian diakhir diskusi dika menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat digelar kembali agar berkesinambungan.

“Lain kali bisa kita laksanakan lagi diskusi seperti ini, baik dengan lanjutan lingkaran epistemology maupun materi retorika agar kegiatan kita berkelanjutan”.