PC KMHDI Makassar menggelar Acara Pembukaan DMO IV PC KMHDI Makassar

Makassar- PC KMHDI Makassar menggelar acara pembukaan  DMO IV PC KMHDI Makassar dengan tema “Meningkatkan Kemampuan Manajerial Kader Dalam Tata Kelola Organisasi di Era Pandemi”, yang di laksanakan pada malam hari di Pura Giri Natha Makassar- (10/12/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan secara luring, dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Kegiatan di awali dengan matur piuning pada pukul 17:30  yang di pimpin oleh pinandita. Dimana acara pembukaan di mulai pada pukul 19:15 yang diikuti oleh 39  peserta. Adapun beberapa tamu undangan yang hadir dalam pembukaan acara ini yaitu : Ketua PD KMHDI Sulawesi Selatan, Ketua PHDI Kota Makassar, ketua FA KMHDI Sul-Sel, Ketua Wanita Hindu Kota Makassar, Ketua Banjar Hindu Dharma Kota Makassar.

Acara pembukaan DMO IV PC KMHDI Makassar, di meriahkan dengan adanya tarian Padupa dimana tarian ini adalah tarian khas dari Sulawesi Selatan yang di bawakan oleh panitia DMO IV PC KMHDI Makassar. Selain itu untuk menghibur tamu undanga Panita menampilkan sebuah band music dimana lagu yang di  bawakan adalah lagu Pandangan pertama dan angin mamiri sebagai hiburan untuk penutup acara.

Untuk mengenal lebih lanjut bahwa kegiatan Diklat Manajemen Organisasi (DMO) adalah kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada kader tentang bagaimana mengelola sebuah organisai dengan baik serta dapat menyelesaikan problem atau masalah yang akan terjadi kegiatan ini bertujuan untuk memantapkan mental kader untuk siap menjadi seorang pengurus yang akan melanjutkan mengemban tugas dalam ber KMHDI.

Putu Ardi Gunawan selaku Ketua Panitia DMO IV PC KMHDI Makassar melaporkan bahwa jumlah panitia yang terbentuk sebanyak 53 orang dimana kepanitian ini terbentuk sejak 1 bulan sebelum kegiatan, dengan dana yang terkumpul sejumlah 4.771,000 adapun peserta yang mengikuti kegiatan DMO IV ini sebanyak 39 orang dimana kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 10-12 Desember 2021 tepatnya di Pura Giri Natha Makassar. Harapan Ardi agar kegiatan ini bisa membentuk kader-kader KMHDI yang lebih berkualitas, tutup nyoman sebagai ketua panitia.

saya sangat berharap bahwa kegiatan yang di selengarakan ini bisa menciptakan kader-kader yang berkualitas” Tutup ardi.

 

Dalam sambutan I Nyoman Saras Trianto selaku Sekretaris PC KMHDI Makassar  menjelaskan bahwa Diklat Manajemen organisasi adalah salah satu kegiatan  berbentuk pelatihan dan pendidikan yang di laksanakan dengan tujuan untuk mempersiapkan calon pengurus KMHDI nantinya. Harapan saras ketika selesai kegiatan ini kader dapat lebih memahami bagimana mengelola  dan memanajemen organisasi KMHDI lebih baik lagi, Tutup saras

“kegiatan ini bertujuan melatih kesiapan kader dalam mengelola dan memanajemen organisasi  sebagai kesiapan mereka yang akan menjadi seorang pengurus nantinya” Tutup  Saras.

 

Gangga Data selaku Ketua PD KMHDI Sulsel dalam sambutannya memberikan sebuah motivasi bahwa kepentingan pertama dan terutama yang diperjuangkan oleh mahasiswa adalah nilai-nilai values atau sistem nilai yang sifatnya universal seperti keadilan sosial, kebebasan, kemanusiaan, demokrasi dan solidaritas kepada rakyat yang tertindas. Dalam hal ini Gangga Data menekan kan bahwa mahasiswa hindu memegang teguh nilai perjuangan bangsa untuk mengabdi pada Bangsa dan agama, Tutur Gangga selaku ketua PD Sulsel

kita sebagai mahasiswa ini memagang teguh ajaran kebenaran weda dan kita sebagai organisasi KMHDI memikul beban di pundak untuk memperjuangan keadilan bangsa ini sesuai penjelasan dalam purwaka”, Tutup Gangga.

 

DMO IV PC KMHDI Makassar, dibuka secara resmi oleh Bli Komang Aryasa selaku Ketua FA selain itu dalam sambutannya beliau banyak menekan kan bahwa kader KMHDI harus ikut DMO sebagai tahap untuk menjadi seorang pengurus nantinya dimana MPAB yang di laksanakan kemarin hanya sebagai pengenalan luar organisasi saja belum secara dalam maka kader kmhdi harus ikut kegiatan-kegiatan selanjutnya agar lebih mengenal KMHDI lebih dalam lagi seperti K1, K2, K3 dan TOT sebagai Estafet penerus KMHDI nantinya, Tutup bli komang aryasa dalam sambutannya.

kader KMHDI harus ikut DMO sebagai tahap untuk menjadi seorang pengurus nantinya”, Tutur Bli Komang Aryasa.

 

Setelah di adakannya acara pembukaan ini, kegiatan DMO IV masih berlanjut sampai tanggal 12 dan akan di laksanakan di Pura Giri Natha Makassar. Dimana pesert akan di berikan materi, games serta senam di pagi hari  . Diharapkan dengan adanya kegiatan ini bisa menambah solidaritas mereka.