PERJALANAN KMHDI DARI 1993-2013

Secara de facto KMHDI lahir pada tanggal 3 September 1993, setelah AD/ART berhasil disusun dan disyahkan. Beberapa tahun setelah itu KMHDI masih belum bisa eksis di masyarakat luas. Melihat segala kekurangan dan kendala yang dihadapi, KMHDI kemudian mulai melakukan koordinasi dan konsolidasi, sehingga beberapa Pimpinan daerah dan Pimpinan Cabang berhasil dibentuk. Beberapa peraturan Organisasi juga berhasil disepakati, tetapi pelaksanaannya belum seperti yang diharapkan. Kurangnya komunikasi, konsisitensi didalam menjalankan program organisasi , dan beberapa permasalahan lainnya menyebabkan KMHDI mengalami krisis hingga awal tahun 1996.

 

Untuk menyelamatkan Oganisasi, maka beberapa tokoh pendiri dan anggota yang masih aktif bertekad untuk menyelenggarakan Mahasabha II (Konggres). Konggres yang sedianya diselenggarakan pada bulan September 1996 di Jakarta, dialihkan ke kota Malang yang pada saat itu secara kader dan persiapan lebih baik.

 

Pembangunan KMHDI tidak berhenti sampai disitu banyak kegiatan dilakukan salah satunya Konsolidasi ektern bersama 8 (delapan) OKP, yaitu: GMNI, GMKI, PMKRI, GAMKI, PMII, IPNU, IPPNU, dan Pemuda Demokrat membentuk Forum Kebangsaan Pemuda Indonesia (FKPI).

 

Dalam pengembangan organisasi KMDI juga berhasil membentuk Pimpinan Daerah baru,yaitu PD NTB, PD Palembang , PD KMHDI antara lain Jawa Tengah, Yogyakarta,dan Sulawesi Utara. Dalam Bidang Pendidikan KMHDI juga melaksanakan kegiatan Pendidikan dan Latihan Kader.

 

Dengan semangat yang gigih dan penuh perjuangan hingga saat ini KMHDI selalu eksis dalam kegiatan – kegiatan kaderisasi guna mempersiapkan kader Hindu yang berkualitas dan juga selalu aktif dalam menghadapi isu –isu permasalahan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat yang bersinergi dengan Lembaga Hindu lainnya termasuk lembaga Kepemudaan lintas agama.

 

Alhasil saat ini, KMHDI telah mengadakan delapan kami Mahasabha ( Mahasabha VIII ) yang dilaksanakan pada bulan agustus 2012 di Gedung Nusantara V MPR – RI Jakarta yang dirangkaikan dengan kegiatan Lomba Karya Tulis Mahasiswa Nasional yang pertama dalam sejarah KMHDI.

 

Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi KMHDI dan anggota yang menjadi kader- kadernya, selain dengan berperan aktif melaksanakan dharma Agama dan dharma Negara saat ini KMHDI telah memiliki 13 PD (Pimpinan Daerah ) dan 20 PC (Pimpinan Cabang )

 

NO NAMA PD/PC NO NAMA PD/PC
1 PD KMHDI Sumatera Selatan 18 PC KMHDI Buleleng
2 PD KMHDI Lampung 19 PC KMHDI Bangli
3 PD KMHDI Jakarta 20 PC KMHDI Badung
4 PD KMHDI Jawa Barat 21 PC KMHDI Denpasar
5 PD KMHDI Jawa Timur 22 PC KMHDI Mataram
6 PD KMHDI Bali 23 PC KMHDI Luwuk
7 PD KMHDI NTB 24 PC KMHDI Kolaka
8 PD KMHDI NTT 25 PC KMHDI Konawe
9 PD KMHDI Sulawesi Selatan 26 PC KMHDI Palopo
10 PD KMHDI Sulawesi Tengah 27 PC KMHDI Gorontalo
11 PD KMHDI Sulawesi Tenggara 28 PC KMHDI Palangkaraya
12 PD KMHDI Sulawesi Utara 29 PC KMHDI Samarinda
13 PD KMHDI Kalimantan Tengah 30 PC KMHDI Banjarmasin
14 PC KMHDI Bandar Lampung 31 PC KMHDI Bau-bau
15 PC KMHDI Malang 32 PC KMHDI Metro
16 PC KMHDI Jember 33 PC KMHDI OKU
17 PC KMHDI Surabaya