Temu Karya Ilmiah Upaya Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi Hindu

DIREKTORAT Jenderal Bimas Hindu Kementerian Agama RI akan menyelenggarakan Temu Karya Ilmiah Perguruan Tinggi Hindu se-Indonesia di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, tanggal 16 s.d. 20 Juli 2013.
Dalam keterangan persnya, Jumat (12/7) kemarin, Dirjen Bimas Hindu Prof. Dr. IBG Yudha Triguna, M.S. menyampaikan, kegiatan ini mengambil tema besar ”Melalui Temu Karya Ilmiah Kita Galang Komitmen Akademik Guna Membangun Budaya Ilmiah di Lingkungan Perguruan Tinggi Agama Hindu”.
Yudha Triguna mengatakan, penjaminan mutu pendidikan merupakan suatu bagian penting yang harus mendapatkan perhatian serius. Artinya, setiap lembaga pendidikan Hindu diarahkan agar memberi jaminan bahwa pelayanan pendidikan yang diberikannya dapat memenuhi atau bahkan melebihi harapan pelanggan atau masyarakat. Untuk itulah, Ditjen Bimas Hindu menggagas kegiatan yang memotivasi daya kreasi dan inovasi para pengelola, dosen dan mahasiswa perguruan tinggi Hindu melalui kegiatan Temu Karya Ilmiah. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kerja sama antarperguruan tinggi Hindu dan meningkatkan kualitas atmosfir akademik. ’’Jadi, temu karya ilmiah ini merupakan upaya meningkatkan mutu perguruan tinggi Hindu,’’ katanya.
Event dua tahunan ini akan diikuti semua perguruan tinggi Hindu negeri maupun swasta yang berada di bawah binaan Ditjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI yaitu IHDN Denpasar, Unhi Denpasar, STAHN Gde Pudja Mataram, STAHN Dharma Nusantara Jakarta, STHD Klaten Jawa Tengah, STAH Lampung, STKIP Agama Hindu Singaraja, STKIP Agama Hindu Amlapura, UNIMA Tondano, STAH Dharma Sentana Palu, STAH Gema Totabuan Sulawesi Utara, STAH Santika Dharma Malang dan tuan rumah STAHN Tampung Penyang Palangkaraya dengan melibatkan peserta sekitar 800 an orang.
Menurut rencana kegiatan ini akan dibuka Wakil Menteri Agama RI, Prof. Dr. Nassarudin Umar, Selasa (16/7) pukul 08.30 waktu setempat di Hotel Swiss Bell Danum Palangka Raya.
Menurut Ketua Panitia Penyelenggara, I Made Sutresna, pada Temu Karya Ilmiah kali ini akan dilombakan berbagai mata lomba, di antaranya presentasi proposal penelitian, presentasi hasil penelitian, penulisan jurnal ilmiah, membuat resensi buku dan membuat rancangan penulisan. Selain itu, juga akan dilombakan yoga asanas, cipta lagu keagamaan Hindu, apresiasi sloka, apresiasi palawakya, cipta tari kreasi keagamaan Hindu, dharma wacana bahasa Inggris, micro teaching, dharma wacana serta cipta sastra yantra. Berbagai kegiatan pendukung lainnya juga sudah disiapkan oleh panitia seperti pawai budaya, sarasehan, pameran tirtayatra, bedah buku olahraga dan eksibisi seni. “Kami sangat berharap dari ajang ini, dosen, mahasiswa dan pengelola perguruan tinggi Hindu bisa memunculkan ide atau gagasan kreatif, inovatif, berpikir sistemik dan holistik dalam kontribusinya terhadap pelayanan umat membangun insan Hindu yang memiliki sradha dan bhakti serta sadhu gunawan,’’ kata Made Sutresna.

 

http://www.balipost.co.id/mediadetail.php?module=detailberita&kid=26&id=77718